Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Tes Digital Mindset & Behavior Telkom 2022

Pengalaman Tes Digital Mindset & Behavior Telkom 2022

FairusMajid.com - Pengalaman menarik yang saya dapatkan hari ini, memiliki kesempatan untuk bisa mengikuti Tes Digital Mindset & Behavior Telkom 2022. No heart feeling ketika mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi BUMN lalu lolos verifikasi berkas dan TKA hingga sampai bisa merasakan TKB akhir Tes Digital Mindset & Behavior Telkom.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang baru saja saya alami hari ini mengenai Digital Mindset & Behavior. 

Apa sih Digital Mindset & Behavior? 

Definisi sederhana menurut saya adalam proses cara berfikir, menganalisa, mengidentifikasi serta pemahaman kamu tentang dunia digital. Jadi di dalam tes ini adalah untuk mengukur pengetahuan kamu dan juga pengalaman penggunaan kamu terhadap aplikasi, software, dan berbagai macam tools penunjang pekerjaan di dunia digital.

Mundur kebelakang sejenak...

Hari Selasa, 14 Juni 2022 saya berkesempatan untuk mengikuti tes Digital Mindset & Behavior. Seperti biasanya sebelum tes tentunya saya mencari kisi-kisi hal apa saja yang akan dipertanyakan dalam soal tes tersebut. Googlinglah saya dan membaca beberapa artikel yang membahas contoh-contoh soal pertanyaan dalam Tes Digital Mindset & Behavior. Kurang lebih ditarik kesimpulan bahwa soal-soal yang nanti akan di tes seputar tentang pemahaman dan penggunaan aplikasi digital dan beberapa soal pun saya hafalkan dan berharap ada beberapa yang keluar di dalam tes.

Tepat pukul 12.00 WIB waktu tes dimulai...

Didalam tes terdapat 5 sesi kalau tidak salah (lupa) dan setiap sesimya saya diberikan waktu 15-20 menit untuk menjawab 20-39 soal berbeda. Dan didalam tes tersebut diinformasikan untuk saya menjawab sesuai dengan kepribadian saya dan bukan jawaban idealnya. Kurang lebih tes tersebut ingin mengetahui kepribadian saya. Mulailah saya menjawab pertanyaan yang menggambarkan kepribadian saya atau tidak. Di sesi pertama pertanyaan banyak mengarah kepada pribadi saya seperti apa. Di sesi selanjutnya pertanyaan tentang bagaimana respon saya menanggapi sesuatu. 

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai kepribadian saya lalu saya mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan tentang digital di sesi tentang digital ini banyak pertanyaan-pertanyaan apakah saya hanya sekedar pengguna digital atau membuat konten dari digital dan lain sebagainya. Dilanjut yang biasa kamu lakukan didigital seperti apa. Saya menjawab sesuai apa yang saya lakukan di digital dari menulis blog, membuat konten, aktif di sosial media dan lain-lain.

Waktu yang diberikan untuk menjawab soal tes ini adalah 60 menit. Dan saya hanya memakai 30 menit untuk menjawab pertanyaan bersifat pengenalan diri dan bagaimana diri saya.

Kesimpulannya, 

Tes ini bukan menilai dari sebanyak apa kamu menjawab dengan benar melainkan jawaban yang sesuai dengan pribadi kamu. Dan pengetahuan digital dan biasa yang kamu lakukan digital untuk mengetahui penempatan posisi yang cocok untuk kamu jika kamu lolos dalam tes kali ini dan dilanjut untuk tahap interview.

Jadi, soal-soal pertanyaan yang saya hafalkan ternyata tidak ada yang keluar sama sekali. Tes ini diharapkan dijawab dengan sejujur-jujurnya sebagai pengenalan pribadi kita kepada Telkom selaku penyeleksi anggota keluarga baru mereka.

Semoga bisa lolos ke tahap selanjutunya. Aaamiin


Majid Abana Segaf
Majid Abana Segaf Penebar Cinta Dari Negeri Fana

Posting Komentar untuk "Pengalaman Tes Digital Mindset & Behavior Telkom 2022"