Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa yang Tidak Mendapatkan Apa-apa Kecuali Lapar dan Haus

Puasa yang Tidak Mendapatkan Apa-apa Kecuali Lapar dan Haus

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia untuk mendapatkan pahala dan tidak menyia-nyiakannya. Umat muslim pada bulan ini diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh kecuali bagi mereka yang berhalangan berpuasa bisa menggantikannya dikemudian hari. Puasa berasal dari kata Bahasa Arab yaitu as-Shoum yang memiliki arti menahan, dalam hal ini umat islam diharuskan berpuasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Untuk mendapatkan keberkahan selama berpuasa tidak hanya menahan hawa lapar melainkan juga menahan hawa nafsu, setiap manusia memiliki hawa nafsu dan itu merupakan salah satu fitrahnya, namun manusia juga diberikan kemampuan untuk dapat mengendalikan dan salah satunya adalah dengan berpuasa. Agar selama menjalankan puasa kita tidak sia-sia maka yang perlu di dihindari adalah :


1. Menghindari Maksiat

Selama berpuasa di bulan Ramadhan ataupun hari-hari biasa, baiknya kita sebagai umat muslim patuh terhadap aturan Allah dengan menjauhi berbagai maksiat, jadi tidak hanya ketika berpuasa saja kita melakukan hal ini, memang tidak mudah untuk melakukannya, namun tidak ada salahnya untuk melakukan yang terbaik di setiap harinya dan meninggalkan segala hal yang tidak bermanfaat sama sekali. Hendaknya kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan menjauhi segala larangannya. Namun, ketika berpuasa lalu melakukan maksiat, puasanya tetap sah tapi tidak mendapatkan ganjaran saat berpuasa.

2. Berbuat yang Tidak Manfaat

Menggunjing/ghibah terhadap oranglain termasuk hal yang dapat merusak pahala saat berpuasa, ghibah merupakan gambaran orang munafik dan tentu saja hal ini harus dihindari. Jika dibayangkan, bagaimana rasanya orang yang di ghibahi mengetahui dirinya sedang dibicarakan pasti sakit hatinya dan hal ini akan menimbulkan kebencian ataupun perpecahan.

Segala hal-hal yang dapat memicu batalnya puasa atau tidak mendapatkan pahala baiknya dihindari dan untuk mengisi kegiatan di bulan suci ini hendaknya diisi dengan perbuatan yang bermanfaat, kita harus berupaya untuk mendapatkan ridho Allah, mengisi hari-hari dengan beribadah dan melupakan sejenak perihal keduniawian.
 

Posting Komentar untuk "Puasa yang Tidak Mendapatkan Apa-apa Kecuali Lapar dan Haus"