Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membentuk Karakter Anak dari Keteladanan Orang Tua

Membentuk Karakter Anak dari Keteladanan Orang Tua

Pembentukan karakter serta kesholehan anak berawal dari pendidikan yang diberikan oleh orang tua selama dirumah sebelum mengenal lingkungan di luar. Maka orang tua harus memberikan keteladanan yang baik agar dapat dipraktekkan oleh anak, sebab anak akan belajar bahwa orang tua telah mempraktekkan apa yang telah diajarkan terlebih dahulu sebelum memberitahukan kepada anak dan memerintahnya.

Anak kemudian akan melakukan hal serupa seperti apa yang telah disaksikannya, jika hanya memberikan arahan saja tanpa memberikan teladan maka sudah dipastikan anak tidak akan mendengar dan menuruti perintah orangtua karena mereka melihat apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan oleh orang tuanya berbeda dalam praktekknya, maka dalam hal ini memberikan keteladanan kepada anak sangat penting karena akan berpengaruh besar dan akan lebih mudah dipahami anak sebelum akhirnya akan ditiru.
 
Seperti halnya pada saat pelaksanaan sholat wajib tiba, orang tua yang baik akan memberikan contoh bahwa mereka telah melaksanakan sholat sebelum akhirnya dicontoh oleh anak. Hal ini akan memberikan dampak besar untuk kesuksesan yang akan diraih anak kedepannya, praktek yang dilakukan orang tua akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah dan kemuliaan dari orang tua berasal pada kemuliaan terhadap Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Membentuk Karakter Anak dari Keteladanan Orang Tua"