Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara yang Dapat Membantu Mencegah Demensia di Usia Tua

Inilah Cara yang Dapat Membantu Mencegah Demensia di Usia Tua

Demensia merupakan suatu penyakit yang biasanya menyerang orangtua yang telah lanjut usia, saat terjadi demensia, mereka yang mengalaminya akan kehilangan ingatannya perlahan-lahan dan bahkan kepribadiannya bisa saja ikut berubah. Ada dua jenis demensia yaitu Alzheimer dan demensia yang disebabkan karena vascular. Tentu saja penyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan positif dimulai sejak usia masih muda dan ada keinginan untuk mencegahnya.

Cara Mencegah Demensia

1. Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan membantu kesehatan otak, pilihlah aktivitas olahraga yang tidak terlalu berat juga agar tidak terjadi hal yang diinginkan, seperti olahraga sepeda, berenang, yoga dan jalan santai, dengan berolahraga juga dapat mengurangi stress berkepanjangan.

2. Stimulasi Mental Positif

Latih otak dengan melakukan aktivitas yang menantang pikiran seperti bermain teka-teki atau permainan otak lainnya, menulis, membaca dan belajar sesuatu yang baru, hal ini akan melatih otak kiri yang merupakan pusat kognitif.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Asupan makanan yang buruk dapat menyebabkan terjadinya demensia, maka sebisa mungkin hindarilah makanan seperti junk food dan makanan yang memiliki lemak jenuh dan cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat terutama ikan karena ada kandungan asam lemak omega 3, konsumsilah ikan air dingin seperti tuna, salmon, sarden dan minyak ikan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Masalah kesehatan jantung, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, dapat meningkatkan risiko demensia. Pertahankan tekanan darah yang sehat, kontrol kadar gula darah, berhenti merokok, dan makan makanan rendah kolesterol.

5. Terlibat Aktivitas Sosial

Terlibat dalam aktivitas sosial dengan melibatkan oranglain untuk berkomunikasi seperti bergabung dengan kelompok, organisasi atau berkumpul dengan teman dan keluarga dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko demensia.

6. Istirahat yang Cukup dan Kelola Stress dengan baik

Pastikan kamu memiliki kualitas tidur yang cukup, hal ini berpengaruh untuk membantu otak pulih dan memperbaiki fungsi kognitif. Pikiran yang positif dan optimis juga dapat membantu memelihara kesehatan otak, hindari apa yang menyebabkan depresi larena gejalanya lama kelamaan akan membuat kerusakan pada otak terus menerus.

7. Belajar Bahasa Asing dan Menghafal

Saat kamu belajar bahasa asing, hal ini akan membantu otak aktif mengingat dan membantu menyuplai darah menuju otak, terus praktikan hal ini sedari muda belajar bahasa dan menghafal agar kelak tidak terkena demensia.

Ulasan ini memuat cara mencegah terjadinya demensia yang dapat dilakukan sejak dini, terus jaga kesehatan otak dan periksakan kesehatan secara berkala.

Posting Komentar untuk "Inilah Cara yang Dapat Membantu Mencegah Demensia di Usia Tua"